Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog

Do Re Mi

Do Re Mi

Lifestyle


Manfaat Kebiasaan Sehat

Publié le 20 Avril 2020, 03:40am

Catégories : #Kesehatan

Dampak Kesehatannya Bagus

Anda tahu bahwa kebiasaan sehat, seperti makan dengan baik, berolahraga, dan menghindari zat-zat berbahaya, masuk akal, tetapi apakah Anda pernah berhenti untuk memikirkan mengapa Anda mempraktikkannya? Kebiasaan sehat adalah perilaku apa pun yang bermanfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Kebiasaan ini meningkatkan kesejahteraan Anda secara keseluruhan dan membuat Anda merasa baik.

Kebiasaan sehat sulit untuk dikembangkan dan seringkali perlu mengubah pola pikir Anda. Tetapi jika Anda bersedia berkorban untuk kesehatan Anda yang lebih baik, dampaknya bisa sangat luas, terlepas dari usia, jenis kelamin, atau kemampuan fisik Anda. Berikut ini lima manfaat gaya hidup sehat.

Mengontrol Berat Badan

Makan dengan benar dan berolahraga secara teratur dapat membantu Anda menghindari penambahan berat badan berlebih dan mempertahankan berat badan yang sehat. Menurut Mayo Clinic, menjadi aktif secara fisik sangat penting untuk mencapai tujuan penurunan berat badan Anda. Bahkan jika Anda tidak berusaha menurunkan berat badan, olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan tingkat energi Anda. Rencanakan setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang setiap minggu. Jika Anda tidak dapat mencurahkan jumlah waktu ini untuk berolahraga, carilah cara sederhana untuk meningkatkan aktivitas sepanjang hari. Misalnya, cobalah berjalan alih-alih mengemudi, naik tangga alih-alih lift, atau mondar-mandir saat Anda berbicara di telepon.

Makan diet seimbang dan terkelola kalori juga bisa membantu mengendalikan berat badan. Ketika Anda memulai hari dengan sarapan sehat, Anda menghindari menjadi terlalu lapar nanti, yang bisa membuat Anda berlari untuk mendapatkan makanan cepat saji sebelum makan siang. Selain itu, melewatkan sarapan pagi dapat meningkatkan gula darah Anda, yang meningkatkan penyimpanan lemak. Masukkan setidaknya lima porsi buah dan sayuran ke dalam makanan Anda per hari. Makanan-makanan ini, yang rendah kalori dan tinggi nutrisi, membantu mengontrol berat badan. Batasi konsumsi minuman manis, seperti soda dan jus buah, dan pilih daging tanpa lemak seperti ikan dan kalkun.

Meningkatkan Mood

Melakukan yang benar dengan tubuh Anda juga bermanfaat bagi pikiran Anda. The Mayo Clinic mencatat bahwa aktivitas fisik merangsang produksi endorfin. Endorfin adalah bahan kimia otak yang membuat Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai. Makan makanan yang sehat serta berolahraga dapat menghasilkan tubuh yang lebih baik. Anda akan merasa lebih baik tentang penampilan Anda, yang dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda. Manfaat olahraga jangka pendek termasuk penurunan stres dan peningkatan fungsi kognitif.

Bukan hanya diet dan olahraga yang meningkatkan mood. Kebiasaan sehat lain yang mengarah pada kesehatan mental yang lebih baik adalah membuat koneksi sosial. Baik itu dengan suka rela, bergabung dengan klub, atau menghadiri film, kegiatan komunal membantu meningkatkan suasana hati dan fungsi mental dengan menjaga level otak aktif dan serotonin seimbang. Jangan mengasingkan diri. Habiskan waktu bersama keluarga atau teman secara rutin, jika tidak setiap hari. Jika ada jarak fisik antara Anda dan orang-orang terkasih, gunakan teknologi untuk tetap terhubung. Angkat telepon atau mulai obrolan video.

Memerangi Penyakit

Kebiasaan sehat membantu mencegah kondisi kesehatan tertentu, seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Jika Anda menjaga diri sendiri, Anda bisa menjaga kolesterol dan tekanan darah dalam batas yang aman. Ini membuat darah Anda mengalir dengan lancar, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Aktivitas fisik yang teratur dan diet yang tepat juga dapat mencegah atau membantu Anda mengelola berbagai masalah kesehatan, termasuk:

  • Sindrom metabolik
  • Diabetes
  • Depresi
  • Jenis kanker tertentu
  • Radang sendi

Pastikan Anda menjadwalkan pemeriksaan fisik setiap tahun. Dokter Anda akan memeriksa berat badan, detak jantung, dan tekanan darah Anda, serta mengambil sampel urin dan darah. Janji temu ini dapat mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan Anda. Penting untuk menindaklanjuti dengan dokter Anda dan mendengarkan rekomendasi apa pun untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Meningkatkan Energi

Kita semua mengalami perasaan lesu setelah makan terlalu banyak makanan yang tidak sehat. Ketika Anda makan makanan seimbang, tubuh Anda menerima bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengatur tingkat energi Anda. Diet sehat meliputi:

  • Biji-bijian
  • Daging tanpa lemak
  • Produk susu rendah lemak
  • Buah
  • Sayuran

Latihan fisik secara teratur juga meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh, memberi Anda lebih banyak energi, kata Mayo Clinic. Olahraga membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke jaringan Anda dan membuat sistem kardiovaskular Anda bekerja lebih efisien sehingga Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Ini juga membantu meningkatkan energi dengan meningkatkan kualitas tidur. Ini membantu Anda tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

Kurang tidur bisa memicu berbagai masalah. Selain merasa lelah dan lamban, Anda juga mungkin merasa mudah tersinggung dan murung jika tidak cukup tidur. Terlebih lagi, kualitas tidur yang buruk mungkin bertanggung jawab atas tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung, dan itu juga dapat menurunkan harapan hidup Anda. Untuk meningkatkan kualitas tidur, patuhi jadwal di mana Anda bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap malam. Kurangi asupan kafein Anda, batasi tidur siang, dan ciptakan lingkungan tidur yang nyaman. Matikan lampu dan televisi, dan pertahankan suhu ruangan yang dingin.

Meningkatkan Umur Panjang

Ketika Anda mempraktikkan kebiasaan sehat, Anda meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama. American Council on Exercise melaporkan penelitian delapan tahun terhadap 13.000 orang. Studi ini menunjukkan bahwa mereka yang berjalan hanya 30 menit setiap hari secara signifikan mengurangi kemungkinan mereka meninggal sebelum waktunya, dibandingkan dengan mereka yang jarang berolahraga. Menantikan lebih banyak waktu dengan orang yang dicintai adalah alasan yang cukup untuk terus berjalan. Mulailah dengan berjalan kaki lima menit pendek dan secara bertahap tingkatkan waktu hingga Anda hingga 30 menit.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk sulit dihilangkan, tetapi begitu Anda menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, Anda tidak akan menyesali keputusan ini. Kebiasaan sehat mengurangi risiko penyakit tertentu, meningkatkan penampilan fisik dan kesehatan mental Anda, dan memberi dorongan energi yang sangat Anda butuhkan. Anda tidak akan mengubah pola pikir dan perilaku Anda dalam semalam, jadi bersabarlah dan lakukan satu hari setiap kali.

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :
Commenter cet article

Archives

Nous sommes sociaux !

Articles récents